Yahoo! News -
San Fransisco (AFP/ANTARA) – PayPal pada hari Selasa memperkenalkan layanan dompet digital di tengah kabar yang beredar bahwa mereka bersiap untuk memperkenalkan sebuah alat plug-in yang dapat membuat bisnis kecil menerima pembayaran kartu kredit dengan ponsel pintar.



Perbaikan “dompet” digital PayPal akan dimulai pada bulan Mei meliputi kemampuan untuk melakukan pembelian di toko-toko namun beberapa hari kemudian memutuskan bentuk pembayaran dengan kartu kredit atau debit.

“Kami telah merancang ulang dompet digital PayPal,” ujar wakil presiden produk global Sam Shraugher.

“Ini bukan hanya memasukkan sebuah dompet ke dalam sebuah ponsel. Namun juga berguna untuk menghasilkan uang dengan lebih baik,” ujarnya merujuk kemampuan pembayaran Google Wallet yang ditambahkan pada beberapa ponsel pintar berbasis Android.

Bersamaan dengan perbaikan pada laman situsnya, PayPal menambahkan “harga dalam bentuk baru” seperti kupon, kartu hadiah, dan kredit program kesetiaan, seperti dikutip dari Shrauger.

Pengguna dompet PayPal juga dapat menentukan sendiri cara pembayaran untuk pembelian jumlah besar.

“Uang kini sudah digital, menunggu untuk dipindahkan antara dua server di suatu tempat,” ujar Shrauger. “Mengatur keuangan kita seharusnya lebih mudah daripada sebelumnya.”

Paypal menyelenggarakan sebuah konferensi pers di San Fransisco pada hari Kamis untuk mengumumkan keunggulan apa yang dimiliki mereka dalam bisnis kecil.

Kabar yang beredar sebelum acara tersebut, yang ditulis dalam blog GigaOm, menyatakan bahwa PayPal akan memperkenalkan sebuah “perangkat keras” segitiga yang akan dipasang di perangkat mobile untuk memindai kartu kredit atau debit untuk transaksi pembelian.

Langkah tersebut dapat menjadi saingan bagi startup Square, yang digagas pendiri Twitter Jack Dorsey. Nama perusahaan tersebut diambil daru bentuk perangkat kecil yang dapat membuat pengguna dapat menggunakan ponsel pintar untuk melakukan transaksi pembayaran kartu.